Pendampingan Pengisian RPL Mahasiswa PPG Batch 2 FITK 2023

HUMAS-FITK — Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) FITK UIN Raden Fatah Palembang menggelar Pendampingan Pengisian Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai bagian rangkaian lapor diri calon Mahasiswa. Kegiatan ini sebagai salah satu prosedur calon Mahasiswa yang berasal dari para Guru yang lolos dalam ujian pre test menuju Guru Profesional.

Pengisian RPL sangat esensial karena merupakan tahapan penting dalam memperoleh sertifikasi Guru, karena itu perlu diadakan pendampingan.

Kegiatan Rekognisi Pembelajaran Lampau menjadi salah satu kegiatan awal PPG Batch 2 tahun 2023 yang diselenggarakan pada Senin 2  Oktober 2023, secara offline bertempat di gedung FITK lantai 4 Kampus B UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini merupakan bentuk pengakuan negara atas pengabdian mengajar minimal selama 6 tahun.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si Dekan FITK Prof. Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I., Kaprodi PPG Dr. Alimron, M. Ag., Sekprodi PPG Syutaridho, M.Pd., Staff PPG, Humas FITK, dan para peserta PPG batch-2.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Nyayu Khodijah, S.Ag., dalam sambutannya mengatakan untuk mengetahui hambatan yang terjadi terkait penguploadan, LMS dan terkait rangkaian kegiatan PPG, dan mekanisme pelaksanaan PPG Daljab tahun 2023. “Dari hasil pendalaman materi pretest itu dapat berguna untuk pelaksanaan ujian nanti,”ujar Rektor

Ada 36 SKS harus ditempuh para Mahasiswa untuk menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru. 24 SKS dapat diakui dari RPL yang merupakan akumulasi pengalaman mereka mengajar, meneliti dan mengabdi di sekolah maupun masyarakat.

Selanjutnya Dekan FITK Prof. Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I., menyampaikan tujuan dan target yang akan dicapai dalam kegiatan pendampingan ini, yakni untuk menyusun dokumen laporan PPG. “Alhamdulillah pelaksanaan pendampingan PPG Batch-2 tahun 2023 terselenggara dengan sukses Kami berharap dari kegiatan ini dapat dihasilkan output berupa tersusunnya laporan PPG Batch-2 yang baik dan benar,”Pungkasnya.

Kegiatan selanjutnya yakni pemamparan materi terkait mekanisme pelaksanaan program PPG Daljab tahun 2023 oleh Kaprodi PPG Dr. Alimron, M.Ag., dan Sekprodi Syutaridho, M.Pd

Kegiatan ini berjalan dengan kondusif, banyak pertanyaan dari para peserta PPG terkait pengisian RPL. (Haljuliza/Arvis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *